Selasa, 04 Oktober 2016

PELAYANAN DI KANTOR POS

 Pelayanan Masyarakat di Kantor POS
          Bentuk bentuk pelayanan masyarakat, yang mana pelayanan tersebut bertujuan untuk masyarakat yang membutuhkan dalam suatu hal, misalnya mengrim surat, mengirim barang, mengambil uang dll, salah satu bentuk pelayanan masyarakat yang ada di sekitar kita yang berkaitan dengan hal hal tersebut adalah kantor pos.
            Banyak diantara kita semua yang hanya mengetahui sedikit tentang bentuk pelayanan yang bisa diberikan oleh kantor pos, yang masyarakat umum lain ketahui layanan yang diberikan oleh kantor pos hanya berupa layanan untuk mengantar jasa pengiriman surat yang sekarang sudah banyak diabaikan oleh masyarakat Indonesia karena sudah terkikis oleh perkembangan teknologi yang semakin global yang mempengaruhi masyarakat untuk melupakan tradisi mengirimkan surat. Terlebih lagi banyak layanan layanan online yang sekarang lagi marak maraknya di sosial media, seperti halnya pengiriman barang online, pembelian barang secara online dll. Kantor pos  ternyata banyak memberikan layanan yang masyarakat umum kurang tau bentuk pelayanan yang dapat diberikan oleh kantor pos, berbagai layanan yang dapat diberikan oleh kantor pos seperti halnya pelayanan yang di berikan di kantor pos di desa saya. Dari hasil wanwacara saya kemarin dengan salah satu petugas kantor pos yang saya temui, beliau berkata bahwa kantor pos itu memberikan berbagai pelayanan antara lain: Kiriman Internasional, Filateli, Hybrid-Mail, Ritel, Logistik, Keuangan, Paket Pos, Surat Pos.
            Jadi seperti yang kita ketahui di atas banyak pelayanan kantor pos yang bisa kita gunakan, jasa layanan yang ditawarkan pun beragam tergantung jenis keperluan yang masyarakat inginkan.
            Berikut adalah visi, misi dan tujuan kantor pos.
VISI KANTOR POS INDONESIA.
Kantor pos senantiasa berupaya untuk menjadi penyedia sarana komunikasi kelas dunia yang peduli terhadap lingkungan yang dikelola oleh SDM yang profesional sehingga mampu memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat serta tumbuh dan berkembang sesuai konsep bisnis yang sehat.

MISI PT POS INDONESIA

1. Kantor pos sebagai penyedia sarana komunikasi yang andal dan terpercaya bagi masyarakat dan pemerintah yang berguna untuk menunjang pembangunan Nasional serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.

2. Kantor pos mengembangkan usaha bertumpu pada peningkatan mutu pelayanan melalui penarapan IPTEK tepat guna untuk mencapai kepuasan pelanggan serta memberi nilai tambah yang optimal untuk karyawan , pemegang saham, masyarakat, dan mitra kerja.

TUJUAN KANTOR POS INDONESIA

Kantor pos mempunyai tujuan memastikan pengontrolan dapat dilakukan baik oleh pihak konsumen sendiri, pengontrolan ini memerlukan biaya investasi yang cukup besar dalam usaha memodernisasi dan tidak tergantung pada " HUMEN RESOURCES" yang terlalu besar. Namun Turnover yang akan diterima dipastikan akan lebih besar karena tujuan utama dari sistem ini untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dan pada akhirnya untuk membuat masyarakat Indonesioa loyal menggunakan kantor pos.
            Pandangan masyarakat terhadap pelayanan di kantor  pos. Dari hasil pengamatan observasi yang kami lakukan di kantor pos desa rejotangan kecamatan rejotangan kabupaten TulungAgung pada tanggal 30 september 2016, terhadap beberapa orang yang sedang mengantri di kantor pos.
            Yang pertama adalah bapak agus alamat desa njajar kecamatan rejotangan, hasil dari wanwancara dengan bapak agus kemarin berkaitan tetang pelayanan di kantor pos. Beliau sudah sering datang ke kantor pos guna untuk keperluan mengambil uang, ketika saya tanya tentang pemahaman beliau tentang pelayanan apa saja yang di sediakan di kantro pos jawab beliau, yang saya tahu tentang pelayanan di kantor pos itu hanya untuk mengambil uang, kirim surat, beli peranko demikian ujar bapak agus, ujar beliau pelayanan yang di berikan oleh kantor pos ramah dan baik. Alasan beliau menggunakan pelayanan kirim uang dengan pos adalah karena anaknya kalau kirim uang lewat pos.
            Yang kedua adalah ibu nur alamat desa blimbing kecamatan rejotangan, beliau bekerja di pembuatan makanan ringan, beliau mengirimkan barang daganganya dengan pos untuk wilayah di luar jawa, alasan beliau karena lebih murah dan cepat. Saya suka kalau kirim barang di kantor pos , ngantrinya nggak lama plus barang saya bisa terjaga sampai tujuan.
            Dari beberapa seample wawancara di atas pelayanan yang ada di kantor pos termasuk ramah baik, dan memuaskan, tapi sangat di sayangkan kerna masyarakat kurang faham dengan pelayanan pelayanan yang ada di kantor pos , sehingga pos sekarang jarang di gunakan, dari hasil pengamatan yang kami lakukan kemarin, rata rata masyarakat yang masih menggunakan jasa pengiriman pos adalah menegah kebawah,dengan kategori masyarakat yang datang adalah orang orang tua, ibu ibu yang berpakaian biasa, dan juga bapak’’ yang biasa, saya tidak menemui masyarakat yang mengenakan seragam kantor, atau masyarakat yang datang dengan mobil sebagai kategori menegah ke atas.
            Faktor yang melatar belakangi masyarakat kuarang tahu tengtang pelayanan masyarakat yang berupa jasa pengiriman surat atau barang yakni kantor pos, di karenakan kemajuan zaman yang mana semuanya serba gaget atau hp internet, media sosial dll di era globalisasi ini kantor pos jarang di fungsikan, karena masyarakat lebih memilih layanan online dll, kurangnya sosialisasi tentang kantor pos munkin bisa jadi salah satu faktor tersebut, sehingga masyarakat hanya tau sedikit dari fungsi atau pelayanan yang bisa di lakukan di kantor pos,
            Pada zaman sekarang ini yang semua serba moderen sulit kita temui budaya yang masih menggunakan surat menyurat untuk berkomunikasi, beda halnya dengan dulu yang mana masyarakat sering menggunakan jasa pengiriman surat, karena dulu masih belum ada alat telekomunikasi yang canggih seperti hp dll, tapi sekarang ini kantor pos jarang di gunakan karena sudah canggihnya alat kominakasi yang masuk ke indonesia, sehingga kantor pos hanya di gunakan untuk mengirim uang, mengambil uang, mengirim barang, atau mengirim berkas’’ penting, perbandingan masyarakat yang menggunakan jasa pengiriman saat ini dengan dulu  adalah jika dulu dari semua kalangan. Tapi pada era saat ini hanya sebagian masyarakat saja yang masih menggunakan jasa pengiriman pos, hanya masyarakat tertentu saja.
            Berkaitan tentang pelayanan jasa dan undang undang yang mengatur pelayanan jasa ini terdapat pada UU No 6 Tahun 1984 tentang Pos.
            Mengingat PT Pos  Indonesia (Persero) bergerak dalam bidang jasa, maka faktor penting yang patut diperhatikan adalah kepercayaan pengguna jasa, dimana mereka menggunakan jasa pos karena mereka percaya bahwa barang atau kiriman yang mereka kirim melalui jasa pos akan sampai dengan selamat di tempat tujuan. Hal tersebut berhubungan erat dengan tanggung jawab PT Pos Indonesia (Persero) dalam memberikan pelayanan jasa berupa pengiriman surat pos dan paket pos. Diharapkan dengan mempergunakan jasa pos, banyak kemudahan yang akan diperoleh para pengguna jasa pos. Kalangan produsen dapat memperluas pemasaran barangnya dan melakukan hubungan timbal balik dengan konsumen, walaupun jaraknya berjauhan. Lalu lintas uang untuk berbagai keperluan usaha dan kewajiban sosial dipermudah dengan penyelenggaraan pos yang merata keseluruh daerah. Dalam usaha memajukan tingkat pendidikan masyarakat, PT Pos sangat berjasa dalam penyebaran buku-buku penunjang pendidikan dan ilmu pengetahuan. Hubungan antara warga masyarakat juga dipermudah dengan adanya penyelenggaraan pos, sehingga perkembangan dibidang sosial kebudayaan dapat meningkat (Penjelasan Umum UU No 6 Tahun 1984 tentang Pos).
   







             

4 komentar:

  1. Hasil observasi Anda cukup lengkap dan jelas, tapi penulisan masih kurang rapi. Silakan direvisi, terutama dalam penggunaan huruf besar dan huruf kecil, penulisan singkatan dan penulisan kata yang masih banyak terdapat kekeliruan.

    BalasHapus
  2. Apakah bisa melayani pembayaran barang cod,bayar di tempat

    BalasHapus
  3. Apakah bisa melayani pembayaran pajak motor?

    BalasHapus