Pelayanan Masyarakat di Kantor
POS
Bentuk
bentuk pelayanan masyarakat, yang mana pelayanan tersebut bertujuan untuk
masyarakat yang membutuhkan dalam suatu hal, misalnya mengrim surat, mengirim
barang, mengambil uang dll, salah satu bentuk pelayanan masyarakat yang ada di
sekitar kita yang berkaitan dengan hal hal tersebut adalah kantor pos.
Banyak diantara kita semua yang
hanya mengetahui sedikit tentang bentuk pelayanan yang bisa diberikan oleh kantor
pos, yang masyarakat umum lain ketahui layanan yang diberikan oleh kantor pos
hanya berupa layanan untuk mengantar jasa pengiriman surat yang sekarang sudah
banyak diabaikan oleh masyarakat Indonesia karena sudah terkikis oleh
perkembangan teknologi yang semakin global yang mempengaruhi masyarakat untuk
melupakan tradisi mengirimkan surat. Terlebih lagi banyak layanan layanan
online yang sekarang lagi marak maraknya di sosial media, seperti halnya
pengiriman barang online, pembelian barang secara online dll. Kantor pos ternyata banyak memberikan layanan yang
masyarakat umum kurang tau bentuk pelayanan yang dapat diberikan oleh kantor
pos, berbagai layanan yang dapat diberikan oleh kantor pos seperti halnya
pelayanan yang di berikan di kantor pos di desa saya. Dari hasil wanwacara saya
kemarin dengan salah satu petugas kantor pos yang saya temui, beliau berkata
bahwa kantor pos itu memberikan berbagai pelayanan antara lain: Kiriman
Internasional, Filateli, Hybrid-Mail, Ritel, Logistik, Keuangan, Paket Pos, Surat
Pos.
Jadi seperti yang kita ketahui di
atas banyak pelayanan kantor pos yang bisa kita gunakan, jasa layanan yang
ditawarkan pun beragam tergantung jenis keperluan yang masyarakat inginkan.
Berikut adalah visi, misi dan tujuan
kantor pos.
VISI
KANTOR POS INDONESIA.
Kantor pos senantiasa berupaya untuk menjadi penyedia sarana
komunikasi kelas dunia yang peduli terhadap lingkungan yang dikelola oleh SDM
yang profesional sehingga mampu memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat
serta tumbuh dan berkembang sesuai konsep bisnis yang sehat.
MISI
PT POS INDONESIA
1. Kantor pos sebagai penyedia sarana komunikasi yang andal dan terpercaya bagi
masyarakat dan pemerintah yang berguna untuk menunjang pembangunan Nasional
serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.
2. Kantor pos mengembangkan usaha bertumpu pada peningkatan mutu pelayanan
melalui penarapan IPTEK tepat guna untuk mencapai kepuasan pelanggan serta
memberi nilai tambah yang optimal untuk karyawan , pemegang saham, masyarakat,
dan mitra kerja.
TUJUAN KANTOR POS INDONESIA
Kantor pos mempunyai tujuan memastikan pengontrolan dapat dilakukan
baik oleh pihak konsumen sendiri, pengontrolan ini memerlukan biaya investasi
yang cukup besar dalam usaha memodernisasi dan tidak tergantung pada "
HUMEN RESOURCES" yang terlalu besar. Namun Turnover yang akan diterima
dipastikan akan lebih besar karena tujuan utama dari sistem ini untuk
mengembalikan kepercayaan masyarakat dan pada akhirnya untuk membuat masyarakat
Indonesioa loyal menggunakan kantor pos.
Pandangan masyarakat terhadap
pelayanan di kantor pos. Dari hasil
pengamatan observasi yang kami lakukan di kantor pos desa rejotangan kecamatan
rejotangan kabupaten TulungAgung pada tanggal 30 september 2016, terhadap
beberapa orang yang sedang mengantri di kantor pos.
Yang pertama adalah bapak agus
alamat desa njajar kecamatan rejotangan, hasil dari wanwancara dengan bapak
agus kemarin berkaitan tetang pelayanan di kantor pos. Beliau sudah sering
datang ke kantor pos guna untuk keperluan mengambil uang, ketika saya tanya
tentang pemahaman beliau tentang pelayanan apa saja yang di sediakan di kantro
pos jawab beliau, yang saya tahu tentang pelayanan di kantor pos itu hanya
untuk mengambil uang, kirim surat, beli peranko demikian ujar bapak agus, ujar
beliau pelayanan yang di berikan oleh kantor pos ramah dan baik. Alasan beliau
menggunakan pelayanan kirim uang dengan pos adalah karena anaknya kalau kirim
uang lewat pos.
Yang kedua adalah ibu nur alamat
desa blimbing kecamatan rejotangan, beliau bekerja di pembuatan makanan ringan,
beliau mengirimkan barang daganganya dengan pos untuk wilayah di luar jawa,
alasan beliau karena lebih murah dan cepat. Saya suka kalau kirim barang di
kantor pos , ngantrinya nggak lama plus barang saya bisa terjaga sampai tujuan.
Dari beberapa seample wawancara di
atas pelayanan yang ada di kantor pos termasuk ramah baik, dan memuaskan, tapi
sangat di sayangkan kerna masyarakat kurang faham dengan pelayanan pelayanan
yang ada di kantor pos , sehingga pos sekarang jarang di gunakan, dari hasil
pengamatan yang kami lakukan kemarin, rata rata masyarakat yang masih
menggunakan jasa pengiriman pos adalah menegah kebawah,dengan kategori
masyarakat yang datang adalah orang orang tua, ibu ibu yang berpakaian biasa,
dan juga bapak’’ yang biasa, saya tidak menemui masyarakat yang mengenakan
seragam kantor, atau masyarakat yang datang dengan mobil sebagai kategori
menegah ke atas.
Faktor yang melatar belakangi
masyarakat kuarang tahu tengtang pelayanan masyarakat yang berupa jasa
pengiriman surat atau barang yakni kantor pos, di karenakan kemajuan zaman yang
mana semuanya serba gaget atau hp internet, media sosial dll di era globalisasi
ini kantor pos jarang di fungsikan, karena masyarakat lebih memilih layanan
online dll, kurangnya sosialisasi tentang kantor pos munkin bisa jadi salah
satu faktor tersebut, sehingga masyarakat hanya tau sedikit dari fungsi atau
pelayanan yang bisa di lakukan di kantor pos,
Pada zaman sekarang ini yang semua
serba moderen sulit kita temui budaya yang masih menggunakan surat menyurat
untuk berkomunikasi, beda halnya dengan dulu yang mana masyarakat sering
menggunakan jasa pengiriman surat, karena dulu masih belum ada alat
telekomunikasi yang canggih seperti hp dll, tapi sekarang ini kantor pos jarang
di gunakan karena sudah canggihnya alat kominakasi yang masuk ke indonesia,
sehingga kantor pos hanya di gunakan untuk mengirim uang, mengambil uang,
mengirim barang, atau mengirim berkas’’ penting, perbandingan masyarakat yang
menggunakan jasa pengiriman saat ini dengan dulu adalah jika dulu dari semua kalangan. Tapi pada
era saat ini hanya sebagian masyarakat saja yang masih menggunakan jasa pengiriman
pos, hanya masyarakat tertentu saja.
Berkaitan tentang pelayanan jasa dan
undang undang yang mengatur pelayanan jasa ini terdapat pada UU No 6 Tahun 1984
tentang Pos.
Mengingat
PT Pos Indonesia (Persero) bergerak dalam
bidang jasa, maka faktor penting yang patut diperhatikan adalah kepercayaan
pengguna jasa, dimana mereka menggunakan jasa pos karena mereka percaya bahwa
barang atau kiriman yang mereka kirim melalui jasa pos akan sampai dengan
selamat di tempat tujuan. Hal tersebut berhubungan erat dengan tanggung jawab
PT Pos Indonesia (Persero) dalam memberikan pelayanan jasa berupa pengiriman
surat pos dan paket pos. Diharapkan dengan mempergunakan jasa pos, banyak
kemudahan yang akan diperoleh para pengguna jasa pos. Kalangan produsen dapat
memperluas pemasaran barangnya dan melakukan hubungan timbal balik dengan
konsumen, walaupun jaraknya berjauhan. Lalu lintas uang untuk berbagai
keperluan usaha dan kewajiban sosial dipermudah dengan penyelenggaraan pos yang
merata keseluruh daerah. Dalam usaha memajukan tingkat pendidikan masyarakat,
PT Pos sangat berjasa dalam penyebaran buku-buku penunjang pendidikan dan ilmu
pengetahuan. Hubungan antara warga masyarakat juga dipermudah dengan adanya
penyelenggaraan pos, sehingga perkembangan dibidang sosial kebudayaan dapat
meningkat (Penjelasan Umum UU No 6 Tahun 1984 tentang Pos).
Hasil observasi Anda cukup lengkap dan jelas, tapi penulisan masih kurang rapi. Silakan direvisi, terutama dalam penggunaan huruf besar dan huruf kecil, penulisan singkatan dan penulisan kata yang masih banyak terdapat kekeliruan.
BalasHapusiya bu shiap, terimakasih
BalasHapusApakah bisa melayani pembayaran barang cod,bayar di tempat
BalasHapusApakah bisa melayani pembayaran pajak motor?
BalasHapus